Senin, 04 April 2011

ABG Rawan Osteoporosis

Apakah kalian tau kalau ABG (Anak Baru Gede ) juga dapat terserang osteoporosis? Mungkin di antara kalian banyak yang tidak mempercayainya. Karena yang kalian tau, osteoporosis umumnya terserang orang tua dengan usia diatas 50 tahun (manula).
        Apakah osteoporosis itu? Mengapa ABG juga rawan terkena osteoporosis? Simaklah penjelasan di bawah ini. . .!
        Osteoporosis (pengeroposan tulang) merupakan gangguan dengan karakter kepadatan massa tulang yang menurun karena adanya gangguan struktur pada jaringan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan mempermudah terjadinya fraktura khususnya di daerah panggul, tulang belakang, dan lengan.
        Osteoporosis biasanya jarang atau tidak menunjukan gejala sama sekali, akan tetapi gejala awal osteoporosis umumnya ditandai dengan rasa sakit khususnya didaerah punggung yang diikuti dengan fraktura tulang belakang sehingga menimbulkan rasa sakit yang hebat.
        Meningkatnya risiko ABG terkena osteoporosis berhubungan dengan gaya hidup yang diterapkan oleh ABG pada saat ini. Misalnya kecenderungan ingin memiliki tubuh yang langsing, suka merokok, mengonsumsi alcohol, dan enggan terkena oleh sinar matahari.
        Banyak ABG ingin terlihat langsing sehingga akhirnya mereka menolak minum susu dengan alasan takut gemuk. Remaja putrid umumnya enggan terpapar matahari karena takut kulitnya menjadi hitam. Hal ini menyebabkan terjadinya kuakurangan vitamin D.
Kebiasaan merokok yang sydah menjadi hal umum lingkungan ABG juga menjadi penyebab osteoporosis. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyerap cadangan kalsium dalam tubuh, begitu juga dengan mengonsumsi alcohol.
        Apabila gaya hidup yang diterapkan ABG masih seperti itu, bahkan tidak mau menerapkan gaya hidup sehat dengan gizi yang seimbang, maka dikhawatirkan ABG akan menjadi generasi osteoporosis dalam dua puluh atau tiga puluh tahun yang akan datang.
        Apakah kalian ingin termasuk generasi osteoporosis? Tentu saja tidak, kan? Maka mulailah dari sekarang untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D setiap hari. . . JJJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar