Senin, 04 April 2011

Kolam Renang Memicu Serangan Asma

Mungkin di antara kalian pernah mendengar kalau berenang baik untuk penderita asma!!! Ternyata hal itu tidak benar, justru berenang dapat memperberat asma yang dideritanya, bahkan orang yang sehat juga dapat menderita asma apabila sering berenang.
Hal ini berhubungan dengan klorin yang sering digunakan untuk desinfektan pada kolam renang. Klorin dapat menyebabkan gangguan pernapasan bagi para perenang, seperti munculnya serangan asma setelah mereka berenang setelah beberapa menit.
Pada penelitian terlihat perenang yang berada dalam kolam renang selama 6-8 menit, tiga kali lebih sering mengalami serangan asma (asma yang dipicu oleh olahraga) disbanding apabila mereka berenang di kolam yang mengandung kadar klorin rendah etau berolahraga di darat.
Kadar klorin yang dianjurkan sebagai desinfektan untuk kolam renang mempunyai batas hingga 2 ppm. Akan tetapi untuk mempunyai serangan asma, klorin dengan batas tersebut dapat menyebabkan iritasi dan penyempitan pada saluran napasnya. Oleh karena itu, untuk yang mempunyai riwayat asma tetapi menyukai olahraga berenang dapat tetap melanjutka hobinya, akan tetapi dengan menggunakan kolam renang berkadar klorin rendah (dibawah 0,5 ppm) . . .  J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar