Rabu, 25 Mei 2011

sejarah kota tegal dan slawi

Kota Tegal merupakan penjelmaan dari sebuah desa yang bernama TETEGUAL.  Pada tahun 1530,  Daerah ini telah mengalami banyak kemajuan dan telah menjadi bagian dari wilayah kabupaten Pemalang yang mengakui kerajaan Pajang.
Secara historis dijelaskan bahwa eksistensi dari Kota Tegal tidak lepas dari peran Ki Gede Sebayu.  Bangsawan ini adalah saudara dari Raden Benowo yang pergi kearah Barat dan sampai di tepian sungai Gung.  Melihat kesuburan tanahnya, Ki Gede Sebayu tergugah dan berniat bersama-sama penduduk meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan serta membuat saluran pengairan.  Daerah yang sebagian besar merupakan tanah lading  tersebut kemudian dinamakan Tegal.
Selain berhasil memajukan pertanian, dia juga merupakan ahli agama yang telah membimbing warga masyarakat dalam menanamkan rasa keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Atas jasanya tersebut, akhirnya dia diangkat menjadi pemimpin dan panutan warga masyarakat. Kemudian oleh Bupati Pemalang dikukuhkan menjadi sesepuh dengan pangkat Juru Demung atau Demang.
Pengangkatan Ki Gede Sebayu menjadi Pemimpin Tegal dilaksanakan pada perayaan tradisional setelah menikmati hasil panen padi dan hasil pertanian lainnya.  Perayaan tersebut tepat di bulan punama tanggal 15 sapar tahun EHE 988 yang bertepatan dengan hari jumat kliwon 12 April 1580.  Dalam perayaan juga dikembangkan ajaran dan budaya agama islam yang hingga sekarang masih berpengaruh pada kehidupan masyarakat.
Hari,tanggal dan tahun Ki Gede Sebayu diangkat menjadi Juru Demung itu ditetapkan sebagai hari jadi Kota Tegal dengan peraturan Daerah No.5 tahun 1988 tanggal 28 Juli 1988.


- Kota slawi ayu
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Slawi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, selain itu Slawi juga merupakan ibu kota Kabupaten Tegal. Slawi berbatasan dengan Kecamatan Adiwerna di utara, Kecamatan Pangkah di timur, Kecamatan Lebaksiu di selatan dan Kecamatan Dukuhwaru di sebelah barat.
Slawi terkenal dengan produksi teh dan budaya moci (Minum Teh Poci). Meskipun terkenal dengan teh, Slawi bukan merupakan dataran tinggi dengan hawa dingin dengan banyak kebun teh. Slawi merupakan daerah yang dekat dengan Pantura sehingga suhunya cenderung panas dengan kontur tanah yang landai tidak berbukit-bukit.

Mata pencaharian :


Mata pencaharian penduduknya antara lain bertani, pegawai negeri, industri logam, dan industri rumah tangga yang meliputi industri perkayuan (perabotan kayu jati), tekstil (tenun sarung Tradisional), shuttle cock dan lain-lain. Slawi merupakan kota di mana cikal bakal pabrik teh terkemuka di Indonesia yaitu Sosro berada,dan terdapat pabrikan obat Pilkita

Tempat-tempat Menarik :
Alun-alun Kota Slawi, berupa taman dengan air mancur yang sangat besar, ramai di hari Minggu pagi dan malam minggu berlokasi di depan halaman pendopo Kabupaten Tegal.
* Monumen Perjuangan GBN (Procot)
* Pusat Perdagangan Ruko Slawi di pusat kota
* Pasar Baru Slawi
* Mutiara Cahaya (supermarket pertama) di pusat kota *Slawi depan ruko Slawi
* MAKO BRIGIF-4 (Markas Komando Brigade Infanteri)
* SD (dahulu SD Putri) Negeri 4 dan 5 Slawi (peninggalan Belanda)
* Bioskop Singa dan Rama (eks)
* TamBun (Pertigaan Taman Bunga)
* Bundaran Patung Obor (Pakembaran)
* Stadion Tri Sanja


Tokoh :
Ki entus susmono ( Dalang)
martoloyo ( pahlawan )
Agus riyanto : Bupati TEgal


Wisata kuliner :
Beberapa makanan khas dan kegiatan yang terkait:
Moci - Budaya minum teh sebagai teman ngobrol, biasanya dilakukan beramai-ramai. Teh dijarangi pada poci tanah (teh poci). kemudian dituang ke dalam cangkir dengan pemanis gula batu. Teh dalam cangkir tidak diaduk. sehingga rasa manis ditemukan pada saat isi teh dalam cangkir hampir habis. Hal ini menyebabkan cangkir terus dituangi.
Warteg (Warung Tegal) - Warung makan dengan menu makanan sederhana sehari-hari. Sebagian Warung Tegal dikelola oleh warga Kecamatan Dukuh Turi tepatnya dari desa Sida Purna, Sida Katon dan desa Krandon. Sekarang keberadaan warung model warteg tidak hanya di Tegal saja tetapi sudah ada di seluruh Indonesia, bahkan sudah sampai ke mancanegara (Jepang dan Australia).
Mendoan - Tempe goreng dilapis tepung dengan bumbu. digoreng setengah matang. Biasanya sebagai teman minum teh Poci, dihidangkan dengan kecap dicampur cabe rawit. Mendoan juga didapati di daerah Banyumas.
Sega Lengko - Nasi lengko adalah nasi dengan bahan pelengkap seperti tempe, tahu yang diiris dadu, toge, kol mentah, dan sambal kacang beserta kerupuk.
Tahu kuping - Tahu kuning yang dipotong setengah dengan arah potongan diagonal kemudia bekas potongan yang diagonal tersebut diberi adonan tepung sagu (aci dalam bahasa tegal)kemudian digoreng kenapa disebut tahu kuping karena sang tahu memiliki kuping yang terbuat dari adonan sagu tersebut.
Rujak Teplak dengan sambal Tapenya
Gemblong kocar-kacir.
Soto Tegal - Soto (sauto) yang dicampur tauco.
Kemronyos - Sate khas Tegal.
Kupat glabed.
Kupat Bongkok - kupat asal desa Bongkok.
Pilus makanan kecil/snack dari tepung terigu.
(Kacang Asin Bogares) "Wiryadi Putri"
Krupuk antor.
Opak Makanan bundar tipis dari singkong, enak dimakan bareng sambal.
Sate bebek Majir.
Sate blengong (perkawinan antara itik dan menthok).
Martabak Lebaksiu.
Jenang/dodol glempang
Nasi Ponggol Setan (PongSet)
[sunting] Tempat makanan terkenal
Mie Semplo depan bioskop Singa
Soto Pusdok Cessnasari belakang PLN
Soto (Sauto) Sedap Malam (Talang)
Sate Balibul di Tuwel
Sate Kambing No. 4 (belakang PLN Slawi)
Sate Tomo
Sate Kambing muda Ibu Sari Lebaksiu Jl. Raya Lebaksiu
Bakso Kumis di Dekat Tambun
Rumah Makan Sari Buah Purwahamba Indah Jl. Raya Suradadi
Bakso Teruno di Pangkah/dekat rel kereta tebu.
Martabak Manis di Stasiun Slawi.
Es Lontrong di Lontrong Kampung Budimulya.
Templat:Slawi, Tegal
Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Kecamatan
Adiwerna • Balapulang • Bojong • Bumijawa • Dukuhturi • Dukuhwaru • Jatinegara • Kedungbanteng • Kramat • Lebaksiu • Margasari • Pagerbarang • Pangkah • Slawi • Suradadi • Talang • Tarub • Warureja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar