Jumat, 27 Mei 2011

Cara Mudah Perawatan Kulit

1. Perawatan Kulit Kepala

Rambut sehat berawal dari kondisi kulit kepala yang bersih dan terawat. Rutin melakukan pijatan ringan (2-5 menit setiap hari) membantu melancarkan aliran darah ke kepala.
Jangan lupa keramas minimal dua hari sekali dan oleskan tonik pada kulit kepala disertai pemijatan ringan. Kalau punya waktu (dan budget) lebih, silakan datang ke salon untuk melakukan hair spa, hair masker, atau cream-bath.

2. Telapak Tangan

Kebersihan jari dan telapak tangan sangat penting karena berpotensi menyebarkan kuman pada bagian tubuh lain. Tisu basah atau gel antibakteri boleh dipakai sebagai pengganti air. Selain cepat kering, kandungannya nggak bikin iritasi kulit tangan.
Saat mencuci tangan, lebih baik gunakan air hangat untuk mematikan kuman dan sabun (mild soap) agar kulit tetap halus. Gosok permukaan telapak tangan, sela-sela jari, bawah kuku, hingga pergelangan tangan.

3. Perawatan Kulit Wajah

perawatan kulit muka
perawatan kulit muka
Kulit wajah wajib dibersihkan rutin dengan cara mengangkat sisa riasan menggunakan pembersih khusus dan mencuci wajah dua kali sehari.
Facial sangat dianjurkan minimal dua minggu sekali untuk membersihkan komedo serta jerawat yang mengganggu keindahan kulit wajah. Hindari menyentuh atau memencet kulit wajah agar bakteri tidak semakin dalam masuk ke kulit.

4. Perawatan Kulit Leher

Kulit leher lebih tipis dibandingkan wajah sehingga bakal lebih terlihat saat kerutan halus mulai muncul. Leher juga lebih sensitif terhadap sinar UV dan sulit melawan daya gravitasi ketika umur bertambah.
Mumpung belum terlambat, berikan perhatian yang sama terhadap leher maupun wajah. Jangan lupa bersihkan dan oleskan pelembap pada kulit leher serta sekitar dada. Berikan pula pijatan ringan yang membantu mengencangkan kulit.

5. Perawatan Kulit Punggung

loofah sikat panjang
loofah sikat panjang
Biasanya saat mandi punggung sering terlupakan sehingga akhirnya muncul jerawat kecil. Makanya gosok punggung dengan loofah untuk membantu menjangkau seluruh permukaannya.
Lakukan gerakan memutar untuk melancarkan aliran darah dan mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Biasakan pula mengeringkan punggung menggunakan handuk berserat halus – biar nggak muncul panu! Oleskan juga pelembap atau body oil sebagai sentuhan akhir.

6. Lengan dan Ketiak

Pakai sabun mengandung butiran scrub dengan pH 5 seimbang untuk melunturkan kotoran. Hindari menggosok terlalu kasar atau lama karena dapat ikut menghilangkan kandungan minyak alami kulit dan membuatnya iritasi.
Setelah mandi, keringkan kulit dan gunakan pelembap untuk mengembalikan kelembapan alaminya. Berikan pijatan ringan saat mengoleskan lotion agar semakin cepat meresap.

7. Siku dan Lutut

Gunakan jeruk lemon sebagai scrub alami bagi siku dan lutut. Belah jadi dua dan mulai gosokkan perlahan agar permukaan siku dan lutut lebih halus.
Kemudian bersihkan sisa jeruk tadi menggunakan kain atau handuk yang sudah dibasahi air hangat. Agar hasilnya makin maksimal, oleskan pelembap pada siku maupun lutut.

8. Kaki (Betis dan Paha)

perawatan kulit kaki
perawatan kulit kaki
Sayangi kaki dengan cara menjaga berat tubuh ideal supaya beban yang ditang-gungnya tidak terlalu berat. Sebaiknya kaki beristirahat selama 45 menit dari posisi jalan maupun duduk. Hindari menyilangkan kaki terlalu lama karena dapat menghambat peredaran darah.
Renggangkan kaki dan lakukan senam kaki ringan. Kalau terasa pegal sekali, rendam saja ke dalam baskom berisi campuran air hangat dan garam untuk melancarkan peredaran darah.

9. Tumit dan Telapak Kaki

Sel kulit mati yang kasar dan hitam di bawah telapak kaki kudu disingkirkan. Gunakan batu apung untuk menggosok kaki saat mandi. Lakukan gerakan berputar agar kulit kaki lebih halus.
Atau gunakan foot scrub gel sambil sedikit dipijat untuk membuang sel kulit mati. Oleskan juga lotion mengandung formula AHA untuk menjaga kehalusan kulit kaki.

10. seluruh Tubuh

Mandi pagi akan membuat tubuh segar sekaligus menaikkan mood sebelum melakukan rutinitas. Sementara mandi sore atau malam hari akan membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel di kulit setelah sehari penuh beraktivitas.
Mau lebih “mewah”? Manfaatkan air hangat dari pancuran atau berendam di bathtub. Pasang musik dan lilin aromaterapi sebagai stimulasi untuk menenangkan pikiran. Biasakan pula tidur minimal delapan jam biar regenerasi kulit lebih maksimal – ampuh juga sebagai pelarian stres, tuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar